Peran Generasi Milenial dalam Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif :: Nusantaratv.com

Peran Generasi Milenial dalam Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Wamenparekraf Mengatakan Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tidak Hanya Dilakukan Oleh Pemerintah, Tapi Juga Generasi Milenial
Peran Generasi Milenial dalam Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Ilustrasi generasi milenial/ Kemenparekraf

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengingatkan peran penting Generasi Milenial dalam pengembangan kualitas pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga berdampak positif terhadap lama kunjungan dan tingkat pengeluaran wisatawan saat berkunjung ke Indonesia.

Wamenparekraf mengatakan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah, tapi juga seluruh masyarakat termasuk generasi milenial.

"Riset di revolusi industri 4.0 menunjukkan bahwa 51 persen wisatawan saat ini adalah milenial, dan 70 persen wisatawan dalam pencarian dan berbagi pengalamannya dalam berwisata selalu dilakukan melalui online. Disinilah milenial melalui platform digital bisa berperan untuk mempromosikan wilayah kita," ujar Wamenparekraf di Grand Jatra Hotel, Balikpapan, Senin (24/02/2020).

Baca Juga: Menparekraf Tegaskan Pentingya Peran Anak Muda di Industri Kreatif

Wamenparekraf mengatakan, pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor yang memiliki multiplier effect besar di masyarakat. Pembangunan pariwisata misalnya yang akan selalu sejalan dengan pembangunan di daerah. Mulai dari infrastruktur, telekomunikasi dan lainnya.

Begitu juga dengan ekonomi kreatif, dimana ketika berbicara kreativitas tentu kita berbicara tentang sumber daya manusia.

"Jadi perlu digarisbawahi bahwa pengembangan ekonomi kreatif adalah pengembangan masyarakatnya sendiri dan akan terus berkembang," kata Wamenparekraf.

Sebagai Informasi, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan nilai devisa yang diraih sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif setiap tahunnya selalu meningkat. Di tahun 2018, pariwisata menyumbang devisa sebesar 19,29 miliar dolar AS dan lebih dari 20 miliar dolar AS pada tahun 2019.

Begitu juga di ekonomi kreatif yang nilai ekspornya di tahun 2018 mencapai 21,2 miliar dolar AS dan di 2019 diperkirakan mencapai 22,06 miliar dolar AS.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0