Menparekraf Inginkan Indonesia Miliki Peta Geospasial Pariwisata :: Nusantaratv.com

Menparekraf Inginkan Indonesia Miliki Peta Geospasial Pariwisata

Peta Geospasial Pariwisata Nantinya Akan Menyajikan Ragam Potensi Pariwisata, Namun Juga Potensi Bencana Alam yang Bisa Terjadi
Menparekraf Inginkan Indonesia Miliki Peta Geospasial Pariwisata
Menparekraf Wishnutama Kusubandio di Kantor Badan Informasi Geospasial, Bogor/ Kemenparekraf

Bogor, Nusantaratv.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menginginkan Indonesia memiliki peta Geospasial pariwisata yang di dalamnya tidak hanya menyajikan ragam potensi pariwisata, tapi juga potensi bencana alam yang bisa terjadi.

Menparekraf menjelaskan, peta tersebut dibutuhkan agar rencana pengembangan pariwisata ke depan yang tertuang dalam Rencana Induk Pariwisata Nasional Terpadu (Ripandu) bisa terdata dengan baik. Untuk itu, ia sangat berharap BIG bisa mewujudkan hal tersebut.

Baca Juga: Inbound Strategi Jadi Cara Tingkatkan Daya Saing Pariwisata

"Ini menurut saya sangat strategis sehingga pembangunan pariwisata ke depan dapat terancang dengan detail potensi dan segala kemungkinannya, baik potensi wisata yang belum diketahui maupun kemungkinan bencana alam, sehingga dapat diantisipasi. Sebab, hal itu berkaitan dengan aspek kenyamanan dan keamanan para wisatawan,” ujar Menparekraf di Kantor Badan Informasi Geospasial (BIG), Bogor, Kamis (20/2/2020)

Geospasial atau ruang kebumian merupakan aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.

"Banyak potensi wisata yang belum kita ketahui. Tetapi apabila kita dapat informasi data dari BIG, tentunya kita bisa membuat langkah strategis bagaimana menghubungkannya, menggali potensinya, dan memasarkannya. Untuk itu, pembangunan pariwisata harus dilakukan secara komprehensif, tidak boleh parsial," kata Menparekraf.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0