Pasar Seni Semarapura Blok A Jadi Ikon Kabupaten Klungkung :: Nusantaratv.com

Pasar Seni Semarapura Blok A Jadi Ikon Kabupaten Klungkung

Ny Putri Koster Harap Pasar Seni Semarapura Blok A Jadi Ikon Klungkung
Pasar Seni Semarapura Blok A Jadi Ikon Kabupaten Klungkung
Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster saat menghadiri Peresmian Pasar Seni Semarapura Blok A/ Kemendagri

Semarapura, Nusantaratv.com - Bali memiliki kekayaan seni, tradisi, serta budaya warisan para leluhur, di mana salah satunya adalah kain tenun. Berbagai Kain Tenun di Bali memiliki kekhasan masing-masing, di antaranya adalah endek, songket hingga kain rangrang. Dan salah satu daerah yang terkenal akan kain tenun adalah Kabupaten Klungkung.

Kain tenun bagi masyarakat Bali bukan hanya sebuah kain tenun semata, namun juga mengandung sebuah karya seni yang diwariskan melalui keterampilan secara turun-temurun.

Kemudahan memperoleh kain tenun khas Klungkung tentunya sangat membantu masyarakat yang hendak mencarinya. Untuk itu, kehadiran Pasar Seni Semarapura Blok A diharapkan menjadi pusat tenun khas Klungkung dan menjadi ikon dari 'Gumi Serombotan'.

Baca Juga: Genjot Daya Saing, Kemenperin Terus Pacu Inovasi Industri Batik

"Sehingga jika ada masyarakat yang ingin mencari tenun khas Klungkung, maka akan otomatis tertuju ke Pasar Seni Semarapura Blok A," ujar Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster saat menghadiri Peresmian Pasar Seni Semarapura Blok A sekaligus Pelaksanaan Semarapura Fashion Day 2019 di Semarapura, Bali, (21/12/2019).

"Keberadaan kain tenun sebagai salah satu unsur budaya warisan leluhur Bali secara turun-temurun, sehingga keberlangsungannya butuh perlindungan agar tetap lestari di tengah-tengah masyarakat. Dengan dibangunnya Pasar Seni Semarapura Blok A ini, diharapkan menjadi ikon Klungkung untuk menjual berbagai tenun khas Klungkung. Jadi kalau ada yang mau cari tenun khas Klungkung, maka ke pasar ini tempatnya," tambah Ny Putri Suastini Koster.

Ditambahkan Ny Putri Suastini Koster, tenun khas Klungkung baik endek, songket maupun rangrang harus dijaga kelestariannya agar tidak punah. Hal ini karena banyak dijumpai tenun printing dengan tampilan yang mirip tenun asli dengan harga yang jauh lebih murah.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0